Browse By

TREND TEKHNOLOGI KESEHATAN TAHUN 2023 (Menurut McDonnell)

Pendahuluan
Efesiensi penggunaan sumberdaya di sektor kesehatan merupakan dampak pandemic secara tidak langsung. Hal ini mendorong sektor Kesehatan untuk menggunakan tekhnologi melalui transformasi digital dalam memperluas dan melengkapi perawatannya. Karena itu, tulisan ini akan mengangkat hal tersebut, yang dimulai dengan peningkatan efesiensi operasional melalui tekhnologi, cara memilih tekhnologi yang tepat, dll. Mengacu pada artikel yang ditulis oleh McDonnell (2022)[1], tulisan ini aakn mengangkat tentang: What Technology can Healthcare CIOs use to Improve Operational Efficiency?, Health Technology Trends for 2023, How to Choose Healthcare Technology Solutions that Drive Digital Transformation, & Managing Your Healthcare Tech Stack.
What Technology can Healthcare CIOs use to Improve Operational Efficiency?
Tuntutan terhadap penggunaan sumber daya yang paling efisien akibat pandemik, membuat CIO(Chief Information Officer), pemerintah, praktik publik dan swasta, serta RS, mulai mencari transformasi digital untuk memperluas dan melengkapi perawatan. Dalam mode digital sejati, solusi tersedia dengan urgensi yang dibutuhkan. Padahal, sebelum pandemi transformasi digital berjalan lambat dengan evolusi bertahap. Dengan resesi 2023 yang menjulang, dan sistem kesehatan di seluruh dunia pada titik puncaknya, akan lebih banyak pendorong untuk transformasi digital di semua sektor. Evolusi digital memegang kunci untuk menjawab pertanyaan yang diajukan kepada para pemimpin digital dalam perawatan kesehatan. Transformasi yang diberlakukan oleh para profesional medis adalah pelajaran berkelanjutan bagi semua orang. Melihat dari berbagai aspek manfaat, maka transformasi digital dapat dipertahankan. Karena, hal terbesar yang dibutuhkan kebanyakan orang dalam pekerjaan dan kehidupan mereka adalah waktu & dapat terjadi dengan transformasi digital. Saat ini, industri kesehatan benar-benar bertransformasi secara digital. Infrastruktur yang menua dan usang serta efisiensi perawatan mendorong hal tersebut.
Health Technology Trends for 2023
Pada bagian ini akan dijelaskan tentang 3 hal yaitu: Leveraging the Power of AI, RPAs Making a Difference, & Virtual Healthcare and Digital Offices. Penjelasan tentang hal tersebut, dapat dilihat pada tulisan sebelumnya dengan judul ”Prediksi: trend tekhnologi bidang kesehatan tahun 2023”.
How to Choose Healthcare Technology Solutions that Drive Digital Transformation
Transformasi digital yang sukses di organisasi pelayanan Kesehatan, diibaratkan seperti menambah sifat perawatan kesehatan di seluruh dunia. Namun, masih terdapat kendala mengetahui manfaat dan menemukan penyedia yang tepat. Langkah-langkah dalam memilih penyedia yang  tepat, selanjutnya dapat dilihat dalam 2 tulisan berikut yaitu: ”Memilih tekhnologi kesehatan yang dapat menjadi solusi & mendorong transformasi digital” & “Bagaimana manajemen organisasi pelayanan kesehatan memilih tekhnologi kesehatan yang tepat?”.
Managing Your Healthcare Tech Stack
Menjalankan praktik medis atau RS sangatlah menantang. Langkah selanjutnya dalam evolusi (inovasi) healthcare adalah kemungkinan diterapkannya transformasi digital secara penuh, dan setiap pemangku kepentingan di sektor kesehatan perlu memastikan bahwa mereka mendapatkan laba atas investasi (ROI).  Melalui transformasi digital organisasi pelayanan Kesehatan dapat menemukan solusi teknologi dengan cara yang paling efektif dan efisien. Tehnologi ini dapat mengurangi proses pengadaan selama berbulan-bulan, sehingga mengurangi risiko, waktu, dan biaya. [1] Aine McDonnell, November 7, 2022, Health Technology Trends for 2023

comments