Browse By

TRANSFORMASI DIGITAL:”WEARABLE MEDICAL DEVICES & PREDICTIVE HEALTHCARE”

Pendahuluan

Penggunaan Telemedicine, perangkat medis yang mendukung kecerdasan buatan (AI), dan catatan kesehatan elektronik blockchain,  merupakan contoh nyata dari transformasi digital dalam pelayanan kesehatan. Tulisan ini akan mengangkat 2 tren kunci (dari 7 ten) transformasi digital di organisasi pelayanan kesehatan pada tahun 2021 yang disebutkan Reddy(2021)[1]. Kedua ten kunci tersebut adalah  The growth of wearable medical devices, & Predictive healthcare.

The growth of wearable medical devices

Tren lain dari transformasi digital dalam perawatan kesehatan adalah perusahaan mengumpulkan data kesehatan mereka sendiri dari perangkat medis, termasuk teknologi yang dapat dikenakan. Dulu, kebanyakan pasien puas menjalani pemeriksaan fisik setahun sekali, dan hanya memeriksakan diri ke dokter jika ada yang tidak beres. Namun di era digital, pasien lebih fokus pada pencegahan dan pemeliharaan, dan menuntut informasi tentang kesehatan mereka lebih sering.

Akibatnya, perusahaan perawatan kesehatan bersikap proaktif dengan berinvestasi pada perangkat teknologi yang dapat dikenakan/dipakai. Tekhnologi ini dapat memberikan pemantauan terkini terhadap pasien berisiko tinggi untuk menentukan kemungkinan peristiwa kesehatan besar. Menurut sebuah laporan, pasar perangkat medis yang dapat dikenakan diperkirakan akan mencapai lebih dari $27 juta pada tahun 2023. Beberapa yang paling umum dari perangkat ini meliputi:

  1. Heart rate sensors (sensor detak jantung),
  2. Exercise trackers,
  3. Sweat meters (pengukur keringat); digunakan untuk penderita diabetes untuk memantau kadar gula darah
  4. Oximeters; digunakan untuk memantau jumlah oksigen yang dibawa dalam darah, dan sering digunakan oleh pasien dengan penyakit pernapasan seperti COPD atau asma.

Manfaat lain bagi perusahaan kesehatan yang berinvestasi dalam produk ini:

  1. Personalizes the healthcare experience (mempersonalisasikan pengalaman perawatan kesehatan). Perangkat medis memberikan pasien rasa memiliki dalam proses peningkatan kesehatan mereka,
  2. Targets insurance pricing (menargetkan harga asuransi). Informasi yang diperoleh dari perangkat yang dapat dikenakan, akan membantu perusahaan asuransi menilai risiko penyakit pasien dengan lebih akurat,
  3. Provides insurance incentives (memberikan insentif asuransi). Pasien yang mengambil tindakan pencegahan untuk meningkatkan kesehatan mereka dapat memperoleh premi asuransi yang lebih rendah,
  4. Provides gamification opportunities (memberikan peluang gamifikasi). Beberapa perangkat medis seperti jam tangan kebugaran dapat menciptakan tujuan kompetitif yang ingin dicapai pengguna melalui olahraga, diet, dan nutrisi.

Selain itu, teknologi yang dapat dikenakan juga dapat membantu perusahaan perawatan kesehatan menghemat uang. Satu studi menemukan bahwa aplikasi kesehatan dan perangkat yang dapat dikenakan untuk perawatan pencegahan dapat menghemat sistem perawatan kesehatan AS hampir $7 miliar per tahun.

Predictive healthcare

Prediksi kesehatan melalui big data, dapat memberikan analisis prediktif kepada perusahaan perawatan kesehatan tentang tarif masuk dan membantu mereka mengelola fasilitasnya dengan benar. Tetapi faktor lain yang mendukung transformasi digital dalam perawatan kesehatan adalah memprediksi penyakit dan penyakit apa yang akan menjadi masalah utama dalam waktu dekat. Informasi yang dikumpulkan melalui Big Data dan sumber pemasaran lainnya dapat membantu perusahaan perawatan kesehatan mengembangkan rekomendasi gaya hidup sehat untuk pasien mereka.

Misalnya, anda dapat menyewa seorang analis untuk menganalisis aktivitas kata kunci di seluruh saluran media sosial dan major search engines (mesin telusur utama) untuk menentukan penelusuran paling umum untuk kondisi medis, penyakit, dan kesehatan umum. Analis kemudian dapat mengembangkan model prediktif yang akan mengantisipasi di mana dan kapan ketakutan kesehatan besar berikutnya akan terjadi, dan bagaimana perusahaan kesehatan dapat mempersiapkan diri untuk peristiwa tersebut. Tetapi dalam skala yang lebih kecil, analisis prediktif dapat membantu bisnis dari semua ukuran untuk  menentukan kapan harus mempekerjakan staf sementara karena wabah pilek dan flu yang akan datang, yang dapat mengakibatkan kekurangan pekerja.

[1] Michael Reddy, 2021, Digital Transformation in Healthcare in 2021: 7 Key Trends

comments