Browse By

STRATEGI TERBAIK DALAM PEMASARAN DIGITAL KESEHATAN DI 2023

Pendahuluan
Dunia pemasaran telah berubah seiring Perubahan teknologi. Perubahan tersebut mendorong perubahan dalam strategi yang harus digunakan dalam menargetkan konsumen. Ameen (2022)[1], tahun 2023 penting bagi pemasar layanan kesehatan untuk mengetahui strategi pemasaran digital terbaik berikut agar tetap berada di depan kurva, yaitu: 1) penting untuk menargetkan pasien berdasarkan kebutuhan dan minat khusus mereka, 2) konsumen ini harus dijangkau di mana mereka mencari informasi, dan 3) penting untuk membuat kampanye pemasaran digital yang menawarkan nilai nyata kepada konsumen. Terkait hal tersebut, tulisan ini akan mengangkat tulisan Ameen (2022) tentang beberapa hal yaitu: Why Digital Marketing for Healthcare is Essential?, The state of healthcare digital marketing in 2022, The challenges of healthcare digital marketing, Healthcare consumer trends for 2023, The 5 Most Important strategies for Healthcare Digital Marketing in 2023, How to Increase the Efficiency of Healthcare Digital Marketing Strategies?.
Why Digital Marketing for Healthcare is Essential?
Seiring lanskap perawatan kesehatan terus berkembang, begitu pula kebutuhan akan strategi pemasaran digital/digital marketing yang efektif. Organisasi layanan kesehatan harus dapat menjangkau & melibatkan audiens target mereka secara online agar tetap kompetitif. Pemasaran digital memberikan sejumlah manfaat bagi organisasi layanan kesehatan, termasuk kemampuan untuk menjangkau audiens yang lebih besar, terhubung dengan calon pasien secara pribadi, dan melacak hasil secara real-time. Karena begitu banyak pasien yang beralih ke internet untuk mendapatkan informasi & panduan kesehatan, penting bagi organisasi layanan kesehatan untuk memiliki kehadiran digital yang kuat. Melalui investasi dalam pemasaran digital, organisasi layanan kesehatan (mis: klinik & RS) dapat memastikan bahwa mereka memberikan informasi & sumber daya yang dibutuhkan audiens targetnya saat mereka sangat membutuhkannya. Dengan demikian, mereka tidak hanya dapat meningkatkan hasil pasien tetapi juga membangun kepercayaan dan loyalitas di antara pasien saat ini dan calon pasien.
Baca Juga:  PERAN AKUNTANSI DALAM ORGANISASI PELAYANAN KESEHATAN
The state of healthcare digital marketing in 2022
Hanya dalam beberapa tahun, internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Itu telah mengubah cara kita berkomunikasi, cara kita belajar, & cara kita bekerja. Sulit membayangkan hidup tanpanya. Industri perawatan kesehatan adalah salah satu yang telah diubah oleh internet. Dokter & pasien sama-sama menggunakan saluran digital untuk mencari informasi dan terhubung satu sama lain. Munculnya media sosial memungkinkan pasien untuk terhubung dengan dokter dan profesional kesehatan lainnya dari seluruh dunia. Pemasaran digital dalam perawatan kesehatan masih dalam tahap awal, tetapi tumbuh dengan sangat cepat. Penyedia layanan kesehatan mulai melihat potensi pemasaran digital untuk menjangkau pasien baru dan melibatkan pasien yang sudah ada. Pada tahun 2023, pemasaran digital dalam perawatan kesehatan akan lebih canggih dan terarah daripada sebelumnya.
The challenges of healthcare digital marketing
Ketika industri perawatan kesehatan menjadi lebih kompetitif, maka strategi pemasaran digital yang efektif juga dibutuhkan. Namun, ada beberapa tantangan unik yang muncul saat memasarkan produk dan layanan kesehatan secara online. Pertama, informasi kesehatan sangat diatur oleh pemerintah untuk memastikannya akurat & terkini. Hal ini dapat mempersulit pembuatan konten menarik yang menonjol dari kompetisi. Selain itu, banyak konsumen layanan kesehatan yang ragu-ragu untuk membagikan informasi kesehatan pribadi secara online karena masalah privasi. Terakhir, penyedia layanan kesehatan harus berhati-hati agar tidak melanggar peraturan HIPAA saat menggunakan alat pemasaran digital seperti email dan media sosial. Peraturan ini melindungi kerahasiaan pasien dan memiliki aturan ketat tentang bagaimana data pasien dapat digunakan dan dibagikan. Terlepas dari tantangan tersebut, masih banyak peluang bagi perusahaan layanan kesehatan untuk menjangkau audiens target mereka melalui saluran digital.
Baca Juga:  RS PASCA PANDEMI
Healthcare consumer trends for 2023
Saat kita memasuki tahun 2023, konsumen perawatan kesehatan akan terus menuntut pengalaman yang lebih dipersonalisasi. Pasien menginginkan akses ke data kesehatannya dan kemampuan untuk mengontrol cara penggunaannya. Pasien juga akan mengharapkan lebih banyak transparansi dari penyedia tentang biaya & kualitas. Agar dapat memenuhi ekspektasi tersebut, pemasar layanan kesehatan perlu fokus pada pembuatan konten yang ditargetkan, mengembangkan teknologi inovatif, dan membangun kepercayaan dengan konsumen.
The 5 Most Important strategies for Healthcare Digital Marketing in 2023
Perubahan yang terjadi dibidang pemasaran, akan mendorong perubahan dalam strategi yang digunakan untuk menargetkan konsumen. Dalam industri pelayanan Kesehatan, hal tersebut juga teradi. Penjelasan yang rinci tentang 5 strategi penting dalam healthcare digital marketing di 2023, selanjutnya dapat dilihar dalam tulisan sebelumna dengan judul: Strategi dalam healthcare digital marketing tahun 2023
How to Increase the Efficiency of Healthcare Digital Marketing Strategies?
Efesiensi sangat dibutuhkan dalam mengimplementasikkan strategi pemasaran digital dalam organisasi pelayanan Kesehatan. Penjelasan lebih rinci tentang hal tersebut dapat dilihat pada tulisan sebelumnya dengan judul Meningkatkan efesiensi dalam strategi pemasaran digital organisasi pelayanan kesehatan”. [1] Islam Ameen, 2022, The Best Healthcare Digital Marketing Strategies in 2023