Browse By

PREDIKSI TENTANG TREN PENGGUNAAN ”HOSPITAL ROBOTICS” DI INDUSTRI PELAYANAN KESEHATAN TAHUN 2023

Pendahuluan

Hospital Robotics merupakan salahsatu bentuk dari integrasi antara inovasi teknologi dan digital, yang diprediksi akan menjadi tren alam meningkatkan proses administrasi di industri pelayanan kesehatan tahun 2023. Melalui penggunaan Hospital Robotics, RS akan dapat mengatasi kelelahan staf, meningkatkan efisiensi operasional, & pemberian perawatan yang efisien. Karena itu tulisan ini akan memaparkan tentang Hospital Robotics, yang merupakan tren inovasi administrasi kesehatan tahun 2023. Paparan dalam tulisan ini mengacu pada artikel dalam situs www.startus-insights.com.

Hospital Robotics

Robot di sektor kesehatan akan memajukan operasi, pemenuhan pengiriman, upaya desinfeksi, dan banyak lagi. Robot bedah misalnya, akan memungkinkan ahli bedah untuk memiliki kontrol yang lebih tepat atas berbagai prosedur bedah. Hal ini, akan secara signifikan mengurangi kesalahan pembedahan dan komplikasi yang terkait dengannya. Di sisi lain, robot pengantar berguna untuk melakukan tugas-tugas biasa seperti mengantarkan obat-obatan dan makanan ke tempat tidur pasien. Penggunaan robot tersebut akan membebaskan waktu tenaga kesehatan, & memungkinkan mereka untuk fokus pada kebutuhan medis pasien yang lebih mendesak. Untuk lebih mengurangi kelelahan staf, startups telah membangun robot perawatan atau pendamping yang memastikan kebersihan pasien, memeriksa tanda vital mereka, menawarkan dukungan emosional, dan meningkatkan keterlibatan pasien.
SARA Robotics manufactures a Care Robot
SARA Robotics scaleup di Belanda, telah membuat robot perawatan otonom yang membantu pasien lanjut usia dan rentan. Model ini dibuat dengan menggunakan teknologi yang diaktifkan suara untuk berinteraksi dengan pasien dan menghubungkan mereka dengan profesional perawatan kesehatan kapan pun diperlukan. Robot bantu mengingatkan pasien tentang janji dokter dan obat-obatan mereka. Selanjutnya, ini mensimulasikan kemampuan kognitif pasien dengan menantang mereka melalui permainan pikiran singkat. Dengan demikian, SARA Robotics memungkinkan pasien lanjut usia untuk menerima perawatan yang dipersonalisasi sambil membantu institusi layanan kesehatan dalam mengatasi masalah kekurangan staf.
Baca Juga:  BAGAIMANA INDUSTRI PELAYANAN KESEHATAN BELAJAR DARI INDUSTRI LAINNYA DALAM MENCIPTAKAN PRODUK/JASA YANG BERBIAYA RENDAH? (Part 4)
Loop Robots develops a Disinfecting Robot
Loop Robots adalah startup Belanda yang menyediakan robot desinfektan untuk RS. Mobile robot, SAM, secara otomatis mendisinfeksi udara dan permukaan di ruang pasien dengan menggunakan teknologi UV-C kuman (germicidal UV-C technology). Melalui robit jenis ini, akan secara mandiri menggerakkan objek dan menampilkan langkah-langkah keamanan untuk menghindari paparan radiasi UVC pada manusia. Selanjutnya, staf RS dapat meminta pembersihan melalui aplikasi seluler startup dan SAM memberi tahu mereka setelah menyelesaikan tugas disinfeksi. Dengan cara ini, Loop Robots memajukan disinfeksi otonom untuk RS, & memungkinkan staf untuk fokus pada tugas yang lebih mendesak.