Browse By

PERKEMBANGAN & TREN TEKHNOLOGI YANG BERDAMPAK PADA INDUSTRI PELAYANAN KESEHATAN TAHUN 2021

Pendahuluan

Perkembangan pesat tekhnologi, membuat perubahan positif bagi industri dan membentuk dunia menuju masa depan yang lebih baik. Tren teknologi yang mendukung industri pelayanan kesehatan, bahkan dapat merevolusi fungsi organisasi pelayanan kesehatan. Walapun dunia mengalami masa pandemi di tahun 2020 (mungkin hingga 2021), namun kemajuan teknologi tidak akan pernah berhenti. Kemaian tekhnologi dapat mempermudah proses dan memiliki hasil yang lebih baik dalam industri pelayanan kesehatan di masa datang.

Menurut sebuah artikel dalam situsĀ  www.industrytechinsights.com, disebutkan bahwa terdapat beberapa teknologi yang akan berdampak besar bagi industri pelayanan kesehatan pada tahun 2021, yaitu; Artificial Intelligence, Virtual Reality, Augmented Reality, Health care wearable and sensors, Tricorder, Genome unit, Advanced Drug Development, Nanotechnology, Robotics, & 3D-Printing. Tulisan ini angkat memaparkan 4 hal terkait dampak besar tekhnologi bagi industri pelayanan kesehatan di 2021, mengacu pada artikel dalam situs tersebut.

Artificial Intelligence

AI berdampak pada perubahan total ruang perawatan di organisasi pelayanan kesehatan. Algoritme dapat menggali catatan perawatan kesehatan lebih cepat dan merancang perawatan untuk pasien dengan lebih baik daripada profesional pelayanan kesehatan lainnya. Google's DeepMind unggul dalam mendeteksi kanker payudara berdasarkan data molekuler dengan rata-rata 11,5%.

Penggunaan AI ang dilakukan oleh Ada sebuah startup, telah merancang masa depan pelayanan kesehatan dengan algoritme AI canggih yang akan memiliki kinerja yang berdampak pada 2021. Merancang obat baru untuk menemukan teknologi yang mengganggu dalam industri pelayanan kesehatan, AI akan memiliki peran yang lebih besar untuk dimainkan.

Virtual Reality

Kehidupan pasien dan dokter didesain ulang dengan realitas virtual. Di masa depan, saat operasi dilakukan, maka untuk mengalihkan perhatian pasien sakit akan dibawa ke tujuan liburan. Walaupun pertumbuhan dan dampak teknologi realitas virtual pada 2002 kurang menunujukkan kinerja yang menggembirakan, namun di tahun-tahun mendatang akan selalu membuahkan hasil. Teknologi tersebut berguna untuk pasien dalam manajemen nyeri. Selain itu, wanita dilengkapi dengan headset realitas virtual untuk melupakan rasa sakit saat melahirkan

Baca Juga:  TREN LAYANAN KESEHATAN TAHUN 2021 (part 2)

Augmented Reality

AR membantu industri pelayanan kesehatan dengan memberikan solusi visual dari pada virtual reality. Mahasiswa dan dokter melakukan operasi secara virtual dan berlatih untuk tampil di masa depan. Kombinasi teknologi, pelajar dan dokter akan mengubah masa depan pelayanan kesehatan.

Health care wearable and sensors

Seberapa baik alat pelacak yang sekarang digunakan akan berdampak pada kesehatan? Teknologi membantu individu untuk melacak rincian kesehatan mereka dan dapat mengambil tindakan jika diperlukan. Perangkat yang dapat dikenakan untuk merekam, mulai dari detak jantung hingga tekanan darah, ke tingkat stres. Pemantauan tidur dan manajemen stres adalah sesuatu yang dicari setiap individu dan terus bekerja dalam kesibukan ini. Sensor adalah perangkat lain yang digunakan yang dapat lebih mendidik orang, dengan jumlah pengguna akan meningkat seribu kali lipat.