Browse By

PERBEDAAN INDUSTRI PELAYANAN KESEHATAN DIBANDING INDUSTRI LAINNYA

Pendahuluan

Pelayanan kesehatan adalah industi yang unik dan berbeda dari industri lainnya. Pelayanan kesehatan merupakan satu-satunya layanan yang ketika pelanggan (pasien) masuk rawat inap atau ditolak, maka akan berpotensi mengakibatkan kematian. Namun, terlepas dari keunikan tersebut, pelayanan kesehatan tidak dikecualikan dari harapan konsumen (pasien), yang menginginkan layanan yang berkualitas.

Perbedaan industri pelayanan kesehatan VS industri lainnya

Gamble (2013)[1] mengungkapan beberapa hal yang membuat pelayanan kesehatan berbeda dari industri lain dan alasannya.

"Profitability" is a dirty word in healthcare 

Ada cukup banyak kepekaan seputar konsep bisnis dalam pelayanan kesehatan. Kebanyakan dokter menolak gagasan untuk memanggil pasien "konsumen," di mana banyak bisnis lain yang membanggakan diri dalam menguasai layanan pelanggan. Meskipun penagihan dan pembayaran adalah kebutuhan bisnis, RS kurang menyetujui, karena penagihan yang agresif dapat menyebabkan protes publik dan pelanggaran peraturan. Kata ”keuntungan” sangat kontroversial bagi RS nirlaba.

Pelayanan kesehatan nirlaba telah lama berpusat pada prinsip-prinsip altruistik, seperti pelayanan amal & misi amal. Nilai-nilai ini sangat dominan dalam pelayanan kesehatan. Maganti mengatakan bahwa RS mungkin memiliki tujuan dan aspirasi yang besar dan kuat untuk melayani masyarakat luas, tetapi jika mereka tidak menghasilkan keuntungan yang cukup, mereka tidak dapat menggantikan infrastruktur dan peralatan yang usang atau menyediakan layanan baru.

In healthcare, pricing transparency is no easy task

Hampir semua restoran menampilkan harga menu. RS diharapkan melakukan hal yang sama. Dalam pelayanan kesehatan, harga tidak perlu mencerminkan kualitas produk atau layanan. Suatu RS mungkin memiliki harga yang lebih tinggi untuk menangani kasus penyakit paru-paru, tetapi hal itu tidak selalu mencerminkan kepuasan yaang diberikan di RS. Harga yang lebih tinggi tersebut karena adanya perawatan berkualitas lebih tinggi atau keahlian medis yang lebih mahir.

Beberapa ahli pelayanan kesehatan mengatakan bahwa RS beroperasi dalam konteks yang membuat harga kurang terukur & lebih sulit untuk dijelaskan kepada konsumen. Bahkan ada perbedaan dalam industri pelayanan kesehatan, karena algoritma penetapan harga. Pusat perawatan darurat memiliki biaya overhead yang lebih kecil daripada RS.

Within the hospital, financial teams and clinical teams are worlds apart

Pelayanan kesehatan adalah bisnis dengan hati, tetapi keuangan belum menjadi bagian integral dari pelatihan medis. Justru sebaliknya, ada cukup banyak permasalahan antara keuangan dan obat-obatan. Dokter tidak dilatih untuk mempertimbangkan berapa biaya untuk merawat pasien. Ini adalah keunikannya dibandingkan dengan industri lain, di mana keuangan dan operasional secara eksplisit terkait. Penyedia barang dan jasa sadar akan harga, setidaknya kisaran harga, untuk produk, layanan, atau tenaga kerja mereka.

Dokter mengambil Sumpah Hipokrates saat melakukan pengobatan, & berjanji untuk bersikap etis dan tidak membahayakan/merugikan orang lain. Prinsip ini telah relevan selama lebih dari 2.500 tahun, tetapi sekelompok dokter dan akademisi menyuarakan dukungan untuk tambahan terhadap sumpah tersebut, yaitu “Jangan ada masalah keuangan”.  Mr. Maganti menyebutkan bahwa "Dokter memberikan perawatan medis dan membebankannya pada tagihan untuk layanan tersebut."  Proses ini bekerja di dunia free for services, dan tidak dengan model pembayaran seperti saat ini. Perubahan model pembayaran mengubah hubungan tradisional antara komponen klinis dan keuangan pelayanan kesehatan.

Dokter yang memberikan perawatan tanpa batas tanpa mempertimbangkan biaya atau penggantiannya pada akhirnya akan membahayakan keberhasilan keuanan dari organisasi mereka. Banyak dokter mungkin merasa berkonflik di lingkungan baru ini, karena mereka diharapkan untuk memperhitungkan biaya perawatan dalam pengambilan keputusan klinis. "Pelayanan kesehatan tidak dapat bertahan jika penyedia memberikan perawatan tanpa batas terlepas dari berapa biayanya. Karena itu penggantian akan mulai diperbaiki," kata Mr. Maganti.

Like mom and pop shops, independent hospitals are becoming rarities 

Trend RS di AS dalam menyikapi persaingan & perubahan model pembayaran, salahsatunya melalui merger atau akuisisi. Tujuan hal ini adalah  untuk meningkatkan daya tawar RS dengan para pembayar. Trend ini secara tidak langsung akan mempengaruhi jumlah RS mandiri yang tidak melakukan merger atau akuisisi. Menghadapi penggantian biaya yang menurun dan beban regulasi reformasi layanan kesehatan, banyak RS kecil di AS melakukan penggabungan melalui merger atau akuisisi dengan sistem kesehatan yang menjangkau beberapa negara bagian. 

300-thread count sheets and 20-page food menus 

RS semakin meniru hotel dalam upaya untuk meningkatkan skor kepuasan pasien, yang memiliki implikasi keuangan. Beberapa RS menawarkan layanan kamar dan menu selengkap yang ditemukan di restoran. Tetapi tidak seperti hotel dan resort, harapan untuk menginap di RS dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada RS untuk memberikan hal-hal yang tidak bertanggung jawab dan mengalihkan perhatian RS dari tanggung jawab mereka seperti pada obat-obatan & pelayanan berkualitas tinggi.

Healthcare's odd relationship with HIT

Apabila dibandingkan dengan industry lainnya, pelayanan kesehatan termasuk lambat mengandalkan Information Technology/IT (atau Hospital information technology/HIT) dalam kegiatan operasionalnya. Sebagian besar RS tidak memperluas teknologi mereka ke fungsi-fungsi tertentu. Misalnya, seperti kemampuan membayar tagihan secara online. Sementara pelanggan perbankan dapat mencari saldo mereka di perangkat seluler dan tablet, bahkan cek setoran dari ponsel mereka, RS masih memperdebatkan apakah akan mengizinkan pasien mengakses EHR mereka sendiri. Walaupun semakin semakin banyaknya RS yang mengintegrasikan HIT ke dalam alur kerja dan tugas klinis, namun belum secara sistematis menggunakan HIT untuk mengurangi biaya operasional RS-nya.


[1] Molly Gamble, 2013, How Much Should We Expect Healthcare to Mimic Other Industries?

 

comments