Browse By

PENTINGNYA MELAKUKAN PENGUMPULAN DANA DARI BERBAGAI PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN PEMBERIAN PERAWATAN KESEHATAN DI AS

Pendahuluan

Pandemi COVID-19 harus dijadikan ”pengalaman” bagi setiap pemerintah, untuk memacu pembuatan kebijakan yang dapat membentuk sistem perawatan kesehatan menjadi lebih baik. Inovasi penting yang telah dilakukan berbagai organisasi selama ini, juga tidak boleh berhenti saat pandemi berakhir. Pemerintah AS menanggapi pandemi dengan menyoroti beberapa strategi yang harus lebih ditekankan dalam pengelolaan sistem perawatan kesehatan. Menurut Butler (2020)[1], Salah satu strategi yang seharusnya ditekankan pemerintah AS adalah melakukan pengumpulan dana dari berbagai program untuk meningkatkan pemberian perawatan kesehatan dan layanan terkait kesehatan.

Braiding and Blending of Public Funds (Butler, 2020)

Anggaran sektor publik di semua tingkat pemerintahan bersifat silo. Program dan departemen memiliki aturan dan prosedurnya sendiri. Sistem data sering kali tidak kompatibel sehingga membuat kerja sama menjadi sulit, dan perencanaan lintas departemen jarang terjadi. Intensitas pandemi COVID-19, bagaimanapun memaksa yurisdiksi di AS untuk menemukan cara cepat sehingga banyak lembaga dapat bekerja sama. Gubernur, eksekutif daerah, dan walikota, harus menghilangkan hambatan birokrasi dan memastikan dana ditransfer dan dikoordinasikan. Pemerintah federal (AS) telah membantu dengan panduan tentang cara menggunakan program federal seperti Medicaid secara lebih fleksibel.

Pemerintah tidak boleh kembali ke birokrasi normal setelah pandemi COVID-19 berakhir. Berurusan dengan masalah terkait kesehatan bangsa, dari krisis opioid hingga tunawisma & tantangan penuaan, membutuhkan penganggaran yang fleksibel, serta lembaga untuk berkolaborasi. Pandemi COVID-19 harus diadikan pelajaran bagi pemerintah di semua tingkatan untuk mengetahui bahwa memperkenalkan langkah-langkah yang memungkinkan lebih banyak “braiding and blending” atas dana publik. Braiding berarti menyatukan dana dari berbagai program, dengan dana dari setiap program dilacak oleh pengelola program tersebut. Sedangkan blending berarti mencampur dana dari beberapa program dan mengelola sumber daya tersebut sebagai ”satu pot uang”.

Brookings Institution telah menerbitkan panduan tentang pendekatan yang dapat digunakan pemerintah (AS) untuk memperluas fleksibilitas anggaran dengan cara ini dan tentang perlunya memperluas pendekatan ini di masa depan. Banyak contoh dan langkah yang dijelaskan akan meningkatkan pemberian perawatan kesehatan dan layanan terkait kesehatan. Pemerintah di semua tingkatan, misalnya, dapat membentuk badan perantara khusus untuk memotong birokrasi dan mendorong perencanaan bersama. Children’s Cabinets di tingkat negara bagian adalah contoh yang sangat sukses, seperti juga dewan manajemen lokal tingkat kabupaten Maryland. Ketidakpastian sering menjadi kendala, dengan negara bagian dan daerah tidak yakin akan legalitas dana federal yang bercampur. Pemerintah federal (AS) dapat mengatasi masalah itu dengan mengeluarkan pedoman yang menonjol. Sistem pembayaran untuk Medicare, Medicaid, dan program lainnya perlu memberikan kelonggaran yang lebih besar untuk mendanai determinan sosial kesehatan. Disamping itu, parlemen (kongres) juga dapat mempertimbangkan bantuan fiskal tambahan untuk negara bagian, melalui Medicaid dan program lainnya. Hal itu dapat mendorong lebih banyak jalinan dan pencampuran dana publik.

[1] Stuart M. Butler, PhD, 2020, After COVID-19: Thinking Differently About Running the Health Care System

comments