Browse By

PEMBELAJARAN TERKAIT RANTAI PASOKAN GLOBAL DI ERA PANDEMI (2)

Pendahuluan

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya dengan judul “Pembelajaran terkait rantai pasokan (global) di era pandemi”. Pada tulisan sebelumnya telah dipaparkan 5 (dari 10 hal) sebagai pembelajaran yang diajarkan krisis Covid-19 menurut Russell (2020)[1]. Tulisan ini akan membahas 5 hal sisanya.

Well run industries demonstrate both innovation and resilience through agile responses (6)

Ada banyak contoh yang mengesankan tentang hal ini selama era Covid-19 sejauh ini. Favorit saya keterlibatan tim McLaren Automotive dan Mercedes Formula 1 yang bekerja konsorsium Ventilator Challenge UK, dan pengembangan mereka, serta pembuatan yang cepat dari perangkat CPAP (continuous positive airway pressure) yang sepenuhnya baru. Dikerahkan dalam skala besar, termasuk New NHS Nightingale hospitals, perangkat ini tidak hanya menyelamatkan nyawa, tetapi juga berkontribusi pada pemulihan yang lebih cepat dengan menghindari perlunya beberapa pasien Covid-19 diintubasi pada ventilator konvensional. Lainnya termasuk bisnis yang kontras, pembuat bir Brewdog dan rumah barang mewah LMVH, yang keduanya menggunakan kembali rantai pasokan mereka untuk memproduksi produk pembersih tangan.

Reviewing your supply chain management is all about the detail (7)

Ini mungkin dimulai dengan penilaian yang menyebutkan posisi anda saat ini, dan tactical sense di mana anda harus berakhir. Kejutan tiga bulan terakhir mungkin telah menyoroti banyak hal untuk semua orang. Tetapi di luar perencanaan taktis itu, banyak pekerjaan yang mengikuti yaitu memetakan rantai pasokan, meninjau perjanjian pemasok, memperbarui rencana kelangsungan bisnis, menanamkan ketahanan yang lebih baik, & berinvestasi dalam digitalisasi manajemen & proses rantai pasokan. Sungguh menakjubkan betapa sedikit bisnis yang benar-benar melakukan proses itu, atau telah menanamkan rencana untuk melakukannya secara rutin.

For smaller suppliers, your e-commerce platform is key (8)

Banyak pelaku usaha kecil dalam rantai pasokan konstruksi dan infrastruktur, termasuk sektor perdagangan, berada di belakang kurva dalam krisis langsung ketika datang ke penawaran online mereka. Bagi mereka yang memiliki penawaran yang relatif lebih kuat, menangkap data klien baru untuk tujuan pemasaran, & menunjukkan manajemen persediaan yang lebih efisien, kemungkinan akan membantu mereka dalam mempertahankan klien barunya dan memperluas penawaran mereka di masa mendatang.

There are many previously “hidden” interdependencies out there (9)

Ingat krisis bahan bakar pada tahun 2000 ketika Tony Blair masih PM? Salah satu alasan pemerintahannya berjuang pada awalnya dalam krisis itu adalah bahwa pemerintah telah gagal (setidaknya pada awalnya), untuk memahami kompleksitas bagaimana bahan bakar sebenarnya didistribusikan di Inggris, siapa yang memiliki infrastruktur apa, dan siapa yang dipekerjakan oleh siapa dalam mengelola pasokan dan distribusi (supply and distribution arrangements). Krisis Covid-19 telah menyinari banyak ketergantungan serupa yang sebelumnya tersembunyi. Siapa di antara kita yang tahu bahwa 40% angkutan udara internasional sebenarnya dilakukan dengan pesawat penumpang? Atau bahwa kegagalan pasokan barang-barang konsumsi Cina ke Kanada akan menyebabkan krisis bagi produsen lentil and pea (miju-miju & dan kacang polong) di Kanada? Karena sepertiga tanaman Kanada diekspor dalam kontainer pengiriman yang sama dengan yang digunakan untuk mengimpor barang elektronik dan white goods.

”Just in Time” just may not be good enough going forwards (10)

Model pengadaan Just in time/JIT- lean production, telah ada sejak tahun 1960-an dan diberi keunggulan dan popularitas tambahan oleh Robert Hall dalam bukunya tahun 1987 "Zero Inventories", yang menganjurkan penyelesaian masalah persediaan dengan berusaha mencapai produksi tanpa stok. Meskipun manfaat ekonomi dari model seperti itu  (saat bekerja) tidak dapat disangkal, namun ini adalah poin  klasik dial recalibration. Sulit untuk melihat banyak bisnis tidak memilih untuk mengkalibrasi ulang setidaknya ke "penyangga" yang lebih besar untuk menyediakan penutup stok untuk komponen penting. Hasil terbaru dalam survei material BuildUK menunjukkan bahwa keduanya (plester dan eternit), kemungkinan akan tetap kekurangan pasokan untuk jangka pendek dan menengah, dengan agregat dan batu bata juga dilaporkan lebih sulit diperoleh daripada biasanya.

[1] Charles Russell, 2020, Global supply chains in the COVID-19 era: 10 things we have learned so far…

comments