Browse By

UPAYA DALAM MENGINTEGRASIKAN DATA OPERASIONAL & KEUANGAN DI RS

Pendahuluan

Perubahan yang terjadi di industrI pelayanan kesehatan membuat kemampuan RS untuk meningkatkan pendapatan terbatas. Karena itu, manajemen RS seharusnya mulai mengalihkan fokusnya pada pengelolaan biaya dalam kerangka strategis yang lebih efektif, namun tidak boleh mengorbankan kualitas perawatan. Langkah ini harus didukung oleh manajemen unit terutama terkait dengan bekerja sesuai anggaran dan memiliki pengawasan ketat terhadap pemicu biaya.

Agar supaya langkah strategis tersebut dapat dicapai maka manajemen RS perlu meyakinkan bahwa di RS-nya telah tersedia system yang mengintegrasikan antara data operasional dan keuangan. Seandainya belum, maka manajemen RS harus melakukan pengembangan sistem yang mengintegrasikan antara data operasional & data keuanan tersebut. Informasi tentang produktivitas karyawan, pemanfaatan persediaan, dan bidang lain yang memiliki dampak langsung pada setiap departemen RS, harus tersedia melalui SIM terintegrasi. Karena para manajer membutuhkan akses cepat pada perpaduan data keuangan dan operasional.

Mengembangkan integrasi data operasional & keuangan di RS

Pengembangan sistem informasi untuk mengintegrasikan data operasional dan keuangan sangat penting untuk mewujudkan peningkatan laba. Pengembangan system tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan Enterprise Data Warehouse (EDW). Data dari sumber-sumber seperti EHR, sistem keuangan dan sistem operasional diintegrasikan ke dalam gudang data untuk menciptakan sumber data tunggal yang terintegrasi sehingga membantu para manajemen RS dan departemen melacak kinerja keuangan dan operasional, dan yang paling penting, secara akurat dapat menjadi dasar keputusan.

Menurut tulisan dalam situs www.healthcatalyst.com, pengembangan dan pengintegrasian sistem operasional dan keuangan melalui EDW telah dilakukan di Texas Children hospital. Melalui sistem tersebut, berbagai masalah terkait data di Texas Children hospital dapat diidentifikasi dan ditangani lebih cepat. Berikut adalah beberapa hal terkait dengan hasil pengintegrasian data operasional & keuangan di RS tersebut.

  1. An accurate view into variances
Baca Juga:  SEJARAH HOSPITAL COSTING DI INGGRIS

Hal ini merupakan salahsatu format laporan dalam SIM yang mengintegrasikan data operasional dan keuangan. Laporan ini akan menampilkan pelaporan laporan keuangan standar bulanan dengan visualisasi yang dapat ditindaklanjuti, seperti data aktual versus anggaran. Menentukan area mana yang membuat variasi anggaran, hingga ke item baris anggaran. Manfaat lainnya adalah memungkinkan manajemen untuk dengan cepat melihat apakah pengeluaran melebihi, memenuhi atau di bawah anggaran.

Melalui laporan yang dihasilkan dalam SIM terintegrasi tersebut, maka manajemen & manajer operasional dapat dengan mudah mengidentifikasi bidang-bidang yang menjadi perhatian dan dengan mudah menelusuri ke dalam data untuk mengidentifikasi penyebab varians. Hal ini sangat membantu dalam meningkatkan akuntabilitas & manajer akan didorong untuk meningkatkan kinerja.

  1. New comparative analysis and forecasting capabilities

Laporan lain yang bias dihasilkan dari integrasi system operasional dan keuangan adalah analisis.  Melalui laporan analisis, kinerja operasional dapat menjadi tren dari waktu ke waktu untuk setiap tingkat. Hal ini mempermudah untuk menemukan tren dan menentukan apakah kinerja memenuhi harapan. Variasi musiman dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, dan bagaimana operasi diubah selama periode waktu tersebut juga dapat dilihat. Hal ini meningkatkan kemampuan untuk membuat perkiraan anggaran yang lebih akurat.

Data operasional terkait dengan item pengeluaran terbesar Texas Children’s, seperti gaji dan tunjangan juga secara langsung diintegrasikan ke dalam system, sehingga dapat dianalisis dengan cepat dan mudah. Melalui data tersebut, sangat memungkinkan bagi manajer unit untuk mengelola tenaga kerja lebih efektif.