Browse By

MEMAHAMI KONSTANTA DALAM LINGKUNGAN PERAWATAN KESEHATAN TERKAIT PROSES PERENCANAAN STRATEJIK PASCA PANDEMI

Pendahuluan

Mereview dokumen rencana stratejik dalam organisasi pelayanan kesehatan, harus memperhatikan dua hal dalam lingkungan industri ini, yaitu konstanta dan perubahan. Kedua  hal ini akan membuat proses perencanaan strategis menjadi lebih kompleks, sebagai akibat dari pandemi COVID-19. Karena itu, dalam tulisan ini akan dipaparkan terkait pemahaman tentang konstanta dalam organisasi pelayanan kesehatan.

Understanding the Constants in Healthcare[1]

Berikut ini adalah konstanta dalam lingkungan layanan kesehatan:

  1. Volume-based care.

Perawatan berbasis volume masih merupakan bagian penting. Kegiatan klinis fee-for-service berkualitas tinggi, akan terus berkembang seiring dengan peningkatan populasi. Karena pandemi, sebagian besar sistem kesehatan mengalami penurunan volume yang tajam. Namun  saat ini, volume layanan mulai pulih. Dalam melakukan perencanaan kedepan, organisasi pelayanan kesehatan dapat mengambil angka historis 2019, untuk memperkirakan pemanfaatan di masa depan. Namun, penting juga untuk meninjau volume 2020 dan awal 2021 saat mengembangkan proyeksi untuk mengenali penyimpangan yang disebabkan oleh pandemi.

2. Market share gains and losses.

Keuntungan dan kerugian pangsa pasar di antara penyedia akan berlanjut. Hal ini terkait dengan upaya RS dalam meningkatkan loyalitas pasien melalui program baru, titik akses, dan hubungan strategis. Jika sebuah RS berkinerja baik sepanjang tahun 2019 mengarah ke COVID, RS tersebut kemungkinan akan mengalami peningkatan volume di seluruh rangkaian perawatan. Namun, jika sebuah RS mengalami volume yang buruk, kualitas yang buruk, dan/atau manajemen biaya yang buruk sebelum COVID, masalah-masalah itu diperparah oleh pandemi. Karena itu, sangat penting bagi RS semacam itu untuk melakukan koreksi dengan cepat di area tersebut, untuk menopang kelemahan & menjadi pesaing yang layak di pasar.

3. The tension between payer and provider

Ketegangan antara pembayar dan penyedia akan tetap konstan. RS harus terus bekerja untuk mengoptimalkan kontrak perawatan terkelola dan kinerja terhadap kontrak tersebut, karena volume bergeser dari rawat inap ke rawat jalan dan karena semakin banyak prosedur yang diganti dengan basis rawat jalan. Penurunan pembayaran Medicare (di AS) di banyak spesialisasi pada awal tahun 2021, telah menyebabkan lebih banyak tekanan pada dokter untuk mempertahankan pendapatan mereka.

4. M&A activity also a constant

Aktivitas Merger & akuisisi (M&A), private equity rollups, akuisisi perusahaan asuransi, dan aktivitas konsolidasi lainnya dalam perawatan kesehatan juga konstan. Pandemi memperlambat aktivitas M&A selama sekitar setengah tahun 2020, tetapi mulai pulih di akhir tahun karena para pelaku pasar mencari kesepakatan oportunistik dan strategis, & dalam beberapa kasus mencari target yang mungkin berada dalam posisi keuangan yang melemah sebagai akibat dari pandemi.

5. Datais another constant.

Data merupakan konstanta lain dalam pelayanan kesehatan. Penggunaan analitik perawatan kesehatan sekarang, lebih penting daripada sebelumnya untuk memantau kinerja dan memprediksi pemanfaatan dan operasi perawatan kesehatan di masa depan.

  [1] Kyle Kirkpatrick, 2021, Strategic outlook for hospitals Post-COVID

comments