Browse By

LANGKAH PERUBAHAN PADA KETIDAKSETARAAN & KESEHATAN PENDUDUK SEBAGAI SALAHSATU PRIORITAS MENUJU PEMBARUAN KESEHATAN DAN PERAWATAN PASCA PANDEMI

Pendahuluan

Setelah pandemi selesai, setiap negara perlu memikirkan upaya dan langkah yang harus diambil untuk mencapai pemulihan dan pembaruan. Namun, pendekatan pembaruan perlu disampaikan melalui tindakan terkoordinasi di seluruh sistem kesehatan dan perawatan (Charles  &  Ewbank, 2021)[1]. Tulisan ini akan mengangkat tentang langkah kedua dari lima prioritas yang perlu dilakukan NHS dalam memberikan kerangka kerja untuk memandu pendekatan pembaruan di seluruh kesehatan dan perawatan, mengacu pada gagasan Charles  &  Ewbank (2021), yaitu A step change on inequalities and population health.

A step change on inequalities & population health (Charles  &  Ewbank, 2021)

Covid-19 telah secara gamblang mengungkap ketidaksetaraan kesehatan mendalam yang ada di seluruh Inggris. Sebelum pandemi, peningkatan harapan hidup hampir terhenti dan kesenjangan kesehatan yang sudah tidak dapat diterima antara yang terkaya dan termiskin semakin melebar. Pria yang tinggal di least deprived areas (daerah yang paling tidak kekurangan), saat lahir, bisa berharap untuk hidup 9,4 tahun lebih lama daripada mereka yang tinggal di most deprived areas (daerah yang paling tertinggal). Sedangkan untuk wanita, perbedaannya adalah 7,4 tahun. Antara 2012–14 dan 2015–17, kesenjangan ini meningkat 0,3 tahun untuk pria dan 0,5 tahun untuk wanita.

Virus ini telah mengambil korban yang tidak proporsional pada kelompok-kelompok yang telah menghadapi hasil kesehatan yang paling buruk. Secara khusus, ini telah menggarisbawahi kerugian struktural yang dialami oleh orang-orang dari komunitas etnis minoritas yang berisiko jauh lebih besar tertular dan meninggal akibat Covid-19. Konsekuensi ekonomi dan sosial dari tindakan untuk menahan risiko virus memperburuk ketidaksetaraan ini. Karena itu, sudah waktunya untuk mengatur ulang kebijakan publik dalam meningkatkan kesehatan penduduk & mengatasi ketidaksetaraan. Hal ini termasuk menanggapi dampak langsung Covid-19 dan menggandakan upaya untuk mengurangi kesenjangan kesehatan secara lebih luas, termasuk dengan mengatasi pendorong sosial ekonomi kesehatan seperti perumahan, pendidikan, pekerjaan, dan akses ke makanan sehat yang terjangkau.

Tindakan berkelanjutan dan koheren diperlukan untuk pencegahan dan pengelolaan ketidaksetaraan dalam kesehatan di semua tingkatan, termasuk melalui kemitraan berbasis tempat lokal yang mencakup NHS, pemerintah daerah, organisasi sektor sukarela dan masyarakat itu sendiri. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan NHS di Inggris:

  • The government should move quickly to develop a cross-government strategy on health inequalities.Sebagai langkah awal, pemerintah harus bergerak cepat untuk mengembangkan strategi lintas pemerintah tentang ketimpangan kesehatan. Ini harus mencakup target ambisius yang mengikat untuk meningkatkan kesehatan bangsa & mengurangi ketidaksetaraan disertai dengan akuntabilitas yang jelas untuk memenuhi target ini. Strategi tersebut harus membuat kemajuan yang lebih cepat di seluruh penentu sosial & ekonomi penting dari kesehatan. Pemerintah harus lebih berani menggunakan semua tuas yang ada untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, termasuk pajak dan regulasi.
  • Inequalities reduction should be a central focus for all local health & care partnerships. Pengurangan ketidaksetaraan harus menjadi fokus utama untuk semua kemitraan kesehatan dan perawatan lokal, dan ini harus tercermin dalam bagaimana mereka dibentuk, diukur dan diperhitungkan. ICS, kemitraan berbasis tempat lokal & jaringan perawatan primer harus dilihat sebagai kendaraan utama untuk mendorong perbaikan lokal dalam kesehatan penduduk. Saat ICS bergerak ke pijakan hukum, & perlu memastikan bahwa mereka mendukung kemitraan yang mencakup NHS, pemerintah daerah dan sektor sukarela dan masyarakat
  • The NHS should be more ambitious in its approach. NHS harus lebih ambisius dalam pendekatannya untuk meningkatkan kesehatan populasi dan mengurangi ketidaksetaraan kesehatan, memenuhi janji-janji dalam Rencana Jangka Panjang NHS (NHS Long Term Plan ) untuk tindakan pada ketidaksetaraan menjadi pusat dari semua yang dilakukan NHS. Itu berarti bahwa berinvestasi lebih banyak dalam pencegahan, mengurangi ketidaksetaraan dalam akses ke perawatan dan meningkatkan asetnya, daya beli dan peran sebagai pemberi kerja yang signifikan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung ekonomi lokal.
[1] Anna Charles  & Leo Ewbank, 2021), The road to renewal: five priorities for health and care

comments