Browse By

BEBERAPA RINTANGAN DALAM MENGEKSEKUSI ”BLUE OCEAN STRATEGY”

Pendahuluan

Setelah melakukan pengembangan model bisnis yang menguntungkan dengan BOS, maka suatu perusahaan harus mengeksekusi stratagei tersebut. Karena itu, tulisan ini akan menjelaskan tentang empat rintangan dalam mengekesekusi strategi. Pembahasan dalam tulisan ini, tetap mengacu pada buku Renée Mauborgne & W. Chan Kim (2005) berjudul, "Blue Ocean Strategy (BOS)”.

Empat rintangan dalam mengeksekusi strategi

Pengembangan BOS dengan model bisnis yang menguntungkan harus dilanjutkan dengan mengeksekusi strtagei yang telah dibuat. Tentu saja, setiap strategi memiliki kesulitan tersendiri untuk dieksekusi.  Perusaaan sama seperti individu, kerap mengalami kesulitan dalam menerjemahkan pikiran kedalam aksi, baik dalam strategi samudra merah maupun BOS. Tetapi, dibandingkan dengan samudra merah, BOS melambangkan langkah yang signifikan dalam meninggalkan status quo. BOS dilandaskan pada pergeseran dari konvergensi ke divergensi dalam kurva nilai dalam biaya yang lebih rendah.

 

Peraga 1. Empat rintangan organisasi dalam mengeksekusi strategi

 

Banyak manajer menyatakan bahwa tantangan yang ada sangat besar. Mereka menghadapi 4 rintangan yaitu;

1. Rintangan kognitif. Menyadarkan karawan akan pentingnya perpindahan strategi. Samudra merah mungkin bukan jalan menuju pertumbuhan di masa depan, tetapi samudra merah itu terasa nyaman bagi orang-orang dan bahkan terbukti masih berguna bagi organisasi. Jadi, buat apa mengubah kondisi ini?.

2.  Keterbatsan sumberdaya. Semakin besar pergeseran dalam strategi, semakin besar sumberdaa yang dibutuhkan untuk mengeksekusi strategi tersebut. Akan tetapi, sumberdaya malah sedang dipangkas, bukan ditingkatkan.

3. Motivasi. Bagaimana anda memotivasi pemain-pemain kunci untuk bergerak cepat dan dengan tangkas meninggalkan status quo? Ini membutuhkan waktu bertahun-tahun, dan manajer tidak punya waktu selama  itu.

Baca Juga:  SOLUSI BAGI MANAJEMEN RS DALAM MENGANTISIPASI BERBAGAI KETERBATASAN DALAM MELAKUKAN STRATEGI PENGURANGAN BIAYA

4.    Rintangan politis. Sebagaimana dikemukakan seorang manajer, ”di organisasi kami, anda ditembak dulu sebelum berdiri”.

 

Meskipun semua perusahaan mengalami kadar berbeda dari rintangan-rintangan ini, dan banyak perusahaan mungkin hanya mengalami sebagian darinya. Namun, dengan mengetahui bagaimana mengatasi rintangan-ritangan tersebut akan penting dalam implementasinya.