Browse By

BERINVESTASI DALAM PLATFORM ADOPSI DIGITAL & MENCIPTAKAN TIM KEPEMIMPINAN PERUBAHAN

Pendahuluan

Transformasi digital memerlukan perubahan menyeluruh dalam cara bisnis beroperasi, berinteraksi dengan pelanggan, dan memberikan nilai. Perubahan komprehensif ini mempengaruhi seluruh aspek organisasi, mulai dari model bisnis hingga budayanya, dan memerlukan manajemen perubahan yang signifikan & kompleks. Dalam menghadapi kompleksitas ini, pemahaman yang jelas mengenai potensi tantangan dapat membantu organisasi membuka jalur yang lebih efisien dan sukses menuju transformasi digital. Implementasi transformasi digital memerlukan perencanaan strategis, manajemen perubahan yang efektif, dan pemahaman yang kuat terhadap tantangan yang ada. Hal ini diperlukan agar bisnis dapat memposisikan diri mereka untuk meraih kesuksesan jangka panjang di era digital. Karena itu, tulisan ini akan memaparkan terkait berbagai strategi yang diperlukan dalam memulai transformasi digital transformasi ini dapat terlaksana dengan baik.

Mengatasi Tantangan Transformasi Digital

Menurut Olmstead (2022)[1], terdapat tujuh strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk mengatasi tantangan transformasi digital untuk mencapai potensi mereka dengan pemberdayaan sistem dan teknologi digital baru, yaitu: Invest in a digital adoption platform, Create a change leadership team, Hire a digital transformation consultant, Align business goals with digital transformation strategy, Be agile, Encourage employee feedback, & Monitor and adapt continuously. Berikut adalah 3 dari 7 strategi yang dapat diterapkan oleh perusahaan untuk mengatasi tantangan transformasi digital, yaitu: Invest in a digital adoption platform, Create a change leadership team, & Hire a digital transformation consultant.
  1. Invest in a digital adoption platform

Aplikasi atau proses digital baru tidak secara otomatis menjadi lebih efektif. Manajemen harus memberikan orientasi, pelatihan, & dukungan yang tepat kepada karyawan atau pengguna akhir untuk memberdayakan mereka agar dapat menggunakan sistem ini dengan lebih baik. Karena itu, berinvestasilah pada platform adopsi digital (digital adoption platform/DAP), untuk memastikan keberhasilan proyek transformasi digital yang akan dilakukan. Dengan DAP, organisasi dapat membuat panduan dalam aplikasi, pembelajaran kontekstual, & bantuan mandiri sesuai permintaan dengan editor tanpa kode, membantu memandu karyawan & pengguna akhir lainnya melalui alat, tugas, & alur kerja digital.

Baca Juga:  FUNGSI DEPARTMENT/UNIT MARKETING DI RS

Platform adopsi digital terbaik juga menawarkan fitur yang memungkinkan pengguna akhir memberikan umpan balik mengenai konten pelatihan dan dukungan, langsung saat mereka menggunakannya. Mereka juga memberikan analisis terperinci tentang fitur apa yang digunakan, alur apa yang paling berhasil, area alat digital baru Anda yang perlu dijelaskan lebih lanjut, seperti apa tingkat adopsi produk secara keseluruhan di organisasi Anda, dan banyak lagi.

  1. Create a change leadership team

Manajemen perlu melihatlah tenaga kerja yang ada saat ini, kemudian mengenali yang berpengaruh, inovatif, dan dapat dipercaya. Kemudian, satukan tim lintas fungsi yang terdiri dari orang-orang berkinerja tinggi ini untuk menciptakan tim kepemimpinan perubahan. Tim ini akan membantu menciptakan visi untuk proses transformasi digital, yang selaras dengan tujuan bisnis dan diciptakan oleh mereka yang terhubung dengan cara kerja organisasi. Hal ini memungkinkan organisasi untuk mengambil pendekatan proaktif terhadap inisiatif transformasi digital yang berfokus pada aspek manusia dalam perubahan yang pada akhirnya mempercepat transformasi digital

  1. Hire a digital transformation consultant

Tidak setiap perubahan merupakan proyek transformasi digital yang ekstensif. Transformasi digital adalah penyelarasan menyeluruh terhadap proses, alat, dan pengalaman inti. Padahal, sebagian besar organisasi belum pernah melalui seluruh proses transformasi dan tidak memiliki agen perubahan internal, yang merupakan tantangan dan hal yang intim bagi organisasi. Karena itu, menyewa perusahaan konsultan transformasi digital akan memberi manajemen kenyamanan melalui para profesional yang pernah melakukan hal ini sebelumnya dan mengetahui apa yang mereka lakukan. Mereka akan memberi kerangka kerja dan landasan untuk mencapai kesuksesan, dengan rekam jejak yang mendukung hal ini.

[1] Levi Olmstead, 2022 (updated 2023), 11 Critical Digital Transformation Challenges to Overcome (2023)