Browse By

HAL PENTING YANG PERLU DILAKUKAN SDM AGAR BERNILAI BAGI MANAJEMEN

Pendahuluan

Manajemen di banyak organisasi bisnis menghadapi berbagai tekanan karena ketidakpastian dan persaingan bisnis. Hal ini tentunya sangat membutuhkan dukungan SDM berkualitas melalui pekerjaan yang dilakukan, serta gagasan dan wawasan yang luas. Pola pikir SDM berkualitas sangat penting bagi manajemen bukan hanya berkaitan dengan pekerjaannya, tetapi menghasilkan sesuatu untuk meningkatkan nilai bagi SDM tersebut juga bagi manajemen.

3 hal yang dilakukan SDM agar bernilai bagi manajemen

Johnson (2017)[1] memberikan 3 arahan bagi SDM agar lebih bernilai bagi manajemen, yaitu; 1) Identify the Strategic Information Management Needs from You, 2) Use Your Knowledge to Provide Strategic Insight, dan 3) Communicate Your Strategic Value in Their Language

Identify the Strategic Information Management Needs from You

Manajemen biasanya dievaluasi pada pertumbuhan bisnis dan profitabilitas. Identifikasi apa yang mendasari keputusan manajemen dalam perannya. Pikirkan informasi strategis yang dibutuhkan untuk memastikan keputusan tersebut. Perlu juga mempertimbangkan keputusan yang manajemen laporkan. SDM yang berkualitas selanjutnya akan menentukan apa yang dapat dilakukannya agar lebih efektif menghubungkan pekerjaan sehari-hari dengan proses pengambilan keputusan, kebutuhan, dan kekhawatiran manajemen.

Agar menjadi bernilai bagi manajemen, SDM juga perlu mengarahkan pemikirannya dengan tujuan manajemen. Bagaimana SDM bisa membantu mengatasi masalah manajemen? Apa yang mereka butuhkan dari SDM? Bagaimana SDM bisa meningkatkan nilai? Dapatkah SDM menawarkan saran untuk meningkatkan produktivitas atau profitabilitas? Dapatkah SDM mengidentifikasi peluang baru untuk memperluas peluang penjualan?

Use Your Knowledge to Provide Strategic Insight,

SDM yang bernilai seharusnya mulai berpikir untuk dapat membantu manajemen dengan wawasan bukan hanya informasi. Wawasan bisa menjadi pengganti untuk membangun hubungan dengan manajemen. SDM juga dapat memberikan manajemen nilai yang signifikan dengan fokus pada bagaimana dapat membantu manajemen mencapai tujuan organisasi atau mengatasi masalah bisnis yang menantang. Hal ini akan menempatkan seorang SDM sebagai pusat "nilai", bukan hanya pusat "biaya" atas upah atau gaji.

Communicate Your Strategic Value in Their Language

SDM yang berkualitas seharusnya selalu memposisikan gagasan dan rekomendasinya kepada manajemen dalam bahasa yang sering digunakan. Jika manajemen sering menggunakan kata "return on investment (ROI)" atau "profitabilitas," maka SDM harus selalu menyertakan referensi bagaimana dampaknya terhadap ROI atau keuntungan organisasi. Jika mereka berbicara tentang "target pasar" atau "keterlibatan karyawan," maka hal tersebut juga harus dilakukan SDM.


[1] Jill J. Johnson, 2017, Strategic Thinking: Making Yourself More Valuable to Management

             

comments