Browse By

PERKEMBANGAN & TREN TEKHNOLOGI YANG BERDAMPAK PADA INDUSTRI PELAYANAN KESEHATAN TAHUN 2021 (part 2)

Pendahuluan

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya dengan judul ”perkembangan & tren tekhnologi yang berdampak pada industri pelayanan kesehatan tahun 2021”. Pada tulisan sebelumnya telah dipaparkan 4 dari 10 hal terkait tekhnologi mengacu pada sebuah artikel dalam situs  www.industrytechinsights.com. Tulisan ini akan mengangkat 6 hal sisanya, yaitu; Tricorder, Genome unit, Advanced Drug Development, Nanotechnology, Robotics, & 3D-Printing.

Tricorder

Solusi melalui tricorder medis adalah impian banyak profesional pelayanan kesehatan, di mana satu perangkat dapat melacak berbagai fungsi tubuh. Perangkat ini dirancang oleh Viatom yang merekam melalui EKG, laju oksigen, suhu tekanan darah, dan banyak lagi. Ada lebih banyak perangkat serupa yang akan mengambil tempat penting di masa mendatang.

Genome unit

Pada 2017, proyek genom tubuh lengkap menelan biaya $ 2,7 miliar untuk AS yang lebih mahal daripada variabel pelayanan kesehatan lainnya. Beberapa perusahaan sedang membangun teknologi dan solusi ang memungkinkan biaya yang lebih rendah. Masa depan akan menjadi versi teknologi yang diperbarui dan canggih.

Advanced Drug Development

Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk pengembangan obat di masa lalu adalah 13 tahun. Hal ini dimulai dari penelitian hingga obat tersebut diluncurkan ke pasaran. Jika kita mengambil situasi pandemi saat ini, pengembangan dan uji coba obat COVID-19 lebih cepat dibandingkan dengan masa-masa awal pengembangan obat. Jika kita harus menunggu selama 13 tahun untuk mendapatkan vaksin COVID-19, maka itu akan memakan banyak nyawa. Pengembangan obat saat ini, dengan menggunakan algoritma AI canggih, akan memungkinkan penelitian di masa depan akan dilakukan pada AI dan peningkatan dengan algoritma. Kita dapat berharap untuk melihat lebih banyak perusahaan yang berfokus pada teknologi uji klinis dan teknologi pengembangan obat berbasis penelitian.

Nanotechnology

Masa depan dalam industri pelayanan kesehatan adalah tentang nanoteknologi. Kemajuan dalam nanoteknologi, akan membantu dan menyederhanakan perawatan. Perusahaan menyediakan kamera pil nano yang digunakan untuk mempelajari bagian dalam tubuh dan membantu merawat pasien dengan lebih baik. Tahun-tahun mendatang akan membantu kita dengan pil nanoteknologi yang lebih baik, dan partikel nano akan bertindak sebagai sistem pengiriman obat, terutama dalam mengobati kanker.

Robotics

Bidang teknologi tercepat dalam industri pelayanan kesehatan adalah robotika, mulai dari peralatan bedah hingga robot desinfektan. Kemajuannya terlihat dengan robot canggih. Pandemi saat ini dan virus ikatan udara, telah membuat RS dan klinik berinvestasi pada robot tanpa interaksi manusia. Operasi eksoskeleton yang terlihat di Eropa bertujuan untuk masa depan dan perusahaan yang menyediakan solusi RPA dan robotik membantu industri pelayanan kesehatan untuk tumbuh dalam fase yang lebih cepat. Kita dapat melihat penyedia teknologi dan pengguna akhir berinvestasi di Robotika pada tahun 2021.

3D- Printing

Masa depan pelayanan kesehatan secara luas terlihat melalui teknologi pencetakan 3D dengan pencetakan jaringan tubuh hingga anggota tubuh buatan, pembuluh darah, pil, dan banyak lagi. Perusahaan memproduksi jaringan kulit dengan sel darah yang membantu menggantikan luka bakar kulit, dan masalah terkait kulit lainnya yang dihadapi pasien. Obat yang dicetak dari teknologi pencetakan 3D digunakan sejak 2015 dan disetujui oleh FDA (seperti BPOM di Indonesia). Daftar teknologi akan meningkat dan, 2021 akan menjadi tahun pelayanan kesehatan dengan berbagai cara.

comments