Browse By

PERENCANAAN KEUANGAN RS

Pendahuluan

Tuntutan akan adanya suatu strategi yang “jitu” dalam memenangkan persaingan, menuntut setiap RS untuk mengevaluasi keberadaan semua komponen yang ada sebelum menetapkan dan memilih strategi. Adanya cita-cita (visi) RS yang tertuang dalam dokumen perencanaan strategi secara kesuluruhan misalnya, haruslah di dukung oleh berbagai perencanaan dan kebijakan yang berbasis fungsi yang ada. Penetapan strategi “cost leadership” misalnya, haruslah didukung dengan kebijakan manajemen untuk menetapkan biaya strandar dan menjamin adanya informasi biaya setiap saat. Hal ini harus dilakukan agar biaya “rendah” yang menjadi unggulan bersaing RS tetap terawasi & tidak melebihi biaya standar yang telah ditetapkan.

Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari strategi level RS dan rencana fungsional lainnya, rencana keuangan haruslah mempunyai hubungan atau saling terkait dan mendukung dengan strategi tersebut. Hal ini dibutuhkan untuk menjamin bahwa rencana keuangan yang dibuat dapat menciptakan sukses keuangan yang  berkelanjutan sehingga penyediaan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkesinambungan di RS akan tetap dipertahankan.

Manfaat Perencanaan Keuangan bagi RS

Keuangan RS merupakan suatu yang penting dan harus dikelola dengan baik oleh SDM yang mempunyai kemampuan. Karena itu, perencanaan keuangan di RS sangat dibutuhkan karena dapat berena akan bermanfaat sebagai ; 1) bahan evaulasi keadaan keuangan RS saat ini, 2) Indikator kinerja RS, dan 3)  bahan pertimbangan lainnya.

Evaluasi Keadaan Keuangan RS saat ini

Posisi keuangan RS saat ini sangat penting disamping membiaya kegiatan operasional, juga sebagai dasar dalam melakukan rencana & strategi kedepan. Informasi tentang kondisi keuangan yang ”kurang baik”, membantu manajemen harus sesegera mungkin melakukan tindakan konkrit untuk mengantisipasinya. Evaluasi keadaan keuangan saat ini, sangat penting dalam melihat realita dalam lingkup RS dalam usaha kemajuan lingkup perusahaan.

Indikator kinerja RS

Kondisi keuangan saat ini menjadi salahsatu indikator kinerja (keuangan) RS, sebagai tolak ukur kemajuan secara real dan berdasarkan fakta. Hal ini dapat terlihat dari point-point mengeni apa saja yang menjadi isi perencanaan keuangannya, sejauh mana dan sedalam apa perencanaan keuangan RS dibuat. Gambaran tersebut akan dapat menginformasikan sejauh mana RS sudah maju dan berkembang.

Kajian terhadap berbagai penyebab sukses keuangan di RS perlu dillakukan secara detail sehingga kebijakan keuangan yang nantinya diambil akan mendukung peningkatan kinerja keuangan secara menyeluruh.

Bahan pertimbangan lainnya

Melalui perencanaan keuangan, RS dapat mamanfaatkan keuangannya untuk kepentingan lainnya yang juga menguntungkan. Segala hal yang selama ini belum disadari dan kurang diperhatikan tapi penting, dapat diwujudkan dalam perencanaan keuangan ini. Apabila hal ini dilakukan maka RS memiliki segala keunggulan di setiap lini prosesnya untuk bisa maju dengan menganggarkan sebagaian dari keuangannya untuk dimaksimalkan.

Perencanaan keuangan RS, dapat menjadi jembatan untuk meningkatkan produktifitas. Membuka unit atau produk baru yang belum pernah ada sebelumnya tapi menguntungkan, merupakan salahsatu cara meningkatkan produktivitas. Melalui kemajuan produkifitas, RS dari waktu ke waktu akan mengalami kesuksesan.

Perencanaan dapat juga membantu RS dalam memberdayakan keuangannya secara maksimal. Melalui penyusunan daftar perencanaan keuangan, RS dapat mengalokasikan keuangannya untuk membiayai segala kepentingan yang dapat memiliki manfaat dalam lini organisasinya. Perencanaan keuangan juga diharapkan akan dapat mengkontrol setiap pos pos anggaran yang tidak perlu diperhatikan atau mengkontrol uang RS untuk digunakan secara cerdas dan maksimal sehingga akan lebih bermanfaat.

 

comments