Browse By

PENGEMBANGAN & PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI BIAYA BERBASIS AKTIVITAS DI RS

Pendahuluan

Menurut Walters (2018)[1], secara sederhana akuntansi biaya merupakan sistem untuk mencatat, menganalisis, dan mengalokasikan biaya untuk layanan tertentu yang diterima pasien (misalnya, tes, prosedur, obat-obatan, ruangan, dll). Sistem akuntansi biaya merupakan sistem yang berisi prosedur yang digunakan untuk mengumpulkan dan menyajikan laporan biaya. Kemampuan sistem ini dalam menyajikan informasi terkait biaya akan sangat berdampak pada keputusan manajemen. Menurut Michelson (2017)[2], tanpa data biaya yang kredibel dan terperinci, akan sangat sulit bagi organisasi pelayanan kesehatan untuk mengelola kegiatan operasinal mereka secara strategis. Karena itu, memanfaatkan data dari sistem biaya kontemporer yang komprehensif, akurat, dan mudah diakses adalah misi penting dalam membantu organisasi pelayanan kesehatan dalam membuat keputusan yang lebih tepat.

Begitu pentingnya nilai strategis dari pemahaman biaya, membuat manajemen RS harus bergerak cepat untuk menerapkan sistem akuntansi biaya kontemporer seperti sistem activity-based cost (ABC). Pengembangan sistem akuntansi biaya berbasis aktivitas (ABC) dapat dilakukan secara bertahap mulai dari level manual hingga level system terintegrasi secara komputerisasi. Sistem ABC secara terintegrasi akan bermanfaat bagi manajemen terutama dalam melakukan analisis secara bersamaan terhadap data klinis dan keuangan. Hal ini juga  akan dapat menghemat waktu, meningkatkan produktivitas dan akurasi.

Agar kemampuan system biaya menjadi optimal, terlebih dahulu harus dilakukan perancangan & implmentasi system ini di RS. Karena itu, untuk membantu RS dalam mengembangkan system biaya, maka kami berencana untuk menyelenggarakan workshop dengan judul; PENGEMBANGAN & PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI BIAYA BERBASIS AKTIVITAS DI RS. Melalui  workshop ini diharapkan SDM RS akan memiliki kemampuan dalam mengembangkan system akuntansi biaya di RS-nya.

Tujuan

Setelah mengikuti workshop ini, peserta diharapkan;

  1. Memahami & mampu mengidentifikasi kelemahan pelaporan biaya yang ada di RS saat ini,
  2. Mampu mengidentifikasi berbagai format laporan biaya yang dibutuhkan manajemen RS,
  3. Memiliki kemampuan untuk merancang sistem biaya berbasis aktivitas di RS.

Peserta yang diharapkan.

Worshop ini diharapkan diikuti oleh:

  1. Perwakilan manajemen RS,
  2. Manajer IT RS,
  3. Kabag/Kasubbag Akuntansi & Keuangan RS,
  4. Perwakilan kepala (Manajer) Instalasi RS.
  5. Profesional dokter RS

Materi Workshop & narasumber.

Materi-materi yang akan dibahas;

1.Konsep sistem ABC di RS,

2. The Four-Stage Model of Cost Systems Design

3.General drivers of cost system development

4. Identifikasi sistem biaya RS saat ini; alur biaya & format laporan biaya RS,

5. Mendesain sistem biaya di RS, al; Desain alur biaya RS, Mengembangkan berbagai laporan biaya RS,

6. Pengembangan sistem biaya lanjutan; alternative pengembangan sistem biaya terintegrasi dengan SIM RS.

Pemateri workshop ini adalah tim konsultan dari Multivalue plus Yogyakarta,  yang dipimpin oleh Tubagus Raymond. Tubagus Raymond merupakan konsultan Manajemen RS sejak tahun 1997. Beliau  telah memberikan konsultasi di berbagai RS baik pemerintah maupun swasta. Telah membantu lebih dari 100 RS dalam menghitung UC & proses penetapan tarif, baik secara manual (excel) maupun dengan software. Menjadi counterpart konsultan EPOS (Konsultan Jerman) tahun 2002 dalam menyusun business plan di RS Karyadi Semarang. Tahun 2004 hingga pertengahan 2005, beliau juga pernah menjadi konsultan pengembangan sistem akuntansi di RSCM Jakarta. Beliaujuga merupakan konseptor & pemilik HOSPICA untuk perhitungan UC dengan software di RS. Selain sebagai konsultan, beliau juga aktif dalam berbagai seminar & lokakarya manajemen RS. Beliau juga aktif menulis artikel tentang manajemen RS & organisasi pelayanan kesehatan di situs www.mvpjogja.com.

 Informasi Umum

Waktu penyelenggaraan:                         
  1. 17-18 MEI 2019
  2. 24-25 JUNI 2019
  3. 19-20 JULI 2019
  4. 23-24 AGUSTUS 2019
  5. 16-17 SEPTEMBER 2019
  6. 14-15 OKTOBER 2019
  7. 25-26 NOVEMBER 2019
  8. 13-14 DESEMBER 2019
Tempat penyelenggaraan:

HOTEL CRYSTAL LOTUS**** YOGYAKARTA

Kontribusi peserta  :

Kontribusi peserta Workshop ini per satu orangnya sebesar Rp. 3.000.000- (tiga juta rupiah). Kontribusi peserta dapat ditransfer melalui Rekening Bank atau di tempat saat workshop

Batas waktu pendaftaran :

Maksimal 2 hari sebelum dilaksanakannya workshop untuk setiap angkatan. Pendaftaran dapat dilakukan melalui; 1) Telp/Fax: (0274) 4364093, 2) HP: 0813-2516-7690,  3) WA : 0812-2809-7091

Formulir pendaftaran

formulir pendaftaran

 

1] Angie Walters, CPA, CITP,  2018, 7 Tips for Implementing Cost Accounting in Health Care Settings

[2] Dan Michelson, 2017, Why advanced cost accounting is becoming the next 'killer app' for CFOs

comments