Browse By

PELATIHAN VIA VIDEO CONFERENCE BULAN MARET – MEI PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PUSKESMAS BLUD (BIMBINGAN TEKNIS)

PENDAHULUAN

Peran Puskesmas dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat memungkinkan untuk memiliki kewenangan yang lebih luas dalam mengelola pendapatan maupun pengeluarannya. Setelah menjadi BLUD (PPK-BLUD), memungkinkan Puskesmas untuk menggunakan pendapatan negara bukan pajak (PNPB) yaitu pendapatan dari layanan pasien secara langsung, tanpa harus disetor dahulu ke kas negara. Namun sebagai konsekwensi dari bentuk BLUD, pertanggungjawaban keuangan dalam bentuk pelaporan menjadi salahsatu kewajiban yang harus dipenuhi. Sebagai PPK-BLUD, Puskesmas harus menyusun laporan keuangan berbasis Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berbasis akrual. Laporan keuangan yang harus disajikan adalah; 1) Neraca, 2) Laporan Operasional (LO), dan 3) Laporan Arus Kas (LAK). Implementasi proses akuntansi (jurnal hingga laporan) tentunya haruslah tetap konsisten, sehingga laporan yang dihasilkan benar-benar ”AUDITABLE”.  Sebagai SKPD, Puskemas juga dituntut untuk menyajikan laporan keuangan mengacu pada PERMENDAGRI 64 tahun 2013, seperti; 1) Neraca, 2) Laporan Operasional (LO), 3) Laporan Arus Kas (LAK), dan 4) Laporan Perubahan Ekuitas (LPE).Laporan Realisasi Anggaran (LRA). Agar mampu menyusun laporan keuangan seperti dijelaskan, PPK-BLU Puskesmas harus melibatkan berbagai pihak mulai para bendahara (penerimaan dan pengeluaran), dan tentunya bagian/subag/unit akuntansi terkait. Padahal keterbatasan SDM keuangan Puskesmas dirasa sangat menhambat untuk melakukan pelaporan keuangan yang disyaratkan sebagai PPK-BLUD. Karena itu, Penggunaan “Software akuntansi khusus” menjadi MUTLAK dilakukan untuk mendukung proses akuntansi dalam menyajikan laporan keuangan berbasis akrual tanpa meninggalkan basis kas (Laporan Realisasi Anggaran). Software akuntansi khusus adalah software yang bias menghasilkan 5 jenis laporan yang dibutuhkan Puskesmas BLUD. Memahami keterbatasan PPK-BLUD Puskesmas dalam menyajikan laporan keuangan, maka kami bermaksud menyelenggarakan pelatihan dengan topik PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PPK-BLUD PUSKESMAS (dengan SAP Berbasis akrual dan LRA)”. Dalam pelatihan ini peserta akan langsung dapat mempraktekkan jurnal melalui “software akuntansi khusus” (software akuntansi ”A-BLU”). Dalam aplikasi ini peserta hanya sekali melakukan jurnal/entry  & akan menghasilkan berbagai jenis laporan keuangan yang dibutuhkan Puskesmas BLUD.

TUJUAN & PESERTA YANG DIHARAPKAN

Secara umum workshop ini bertujuan untuk membantu PPK- BLU PUSKESMAS dalam menyusun laporan keuangan secara mandiri. Secara khusus, workshop ini bertujuan untuk membantu peserta; 1) Mereview kebijakan akuntansi dan kode akun yang diperlukan dalam menyusun laporan keuangan, & 2) Menyusun 5 jenis laporan keuangan yang dibutuhkan PPK-BLU PUSKESMAS. Peserta pelatihan ini diharapkan berasal dari; 1).Pimpinan Puskesmas, 2) Bagian TU, 3) Bendahara (penerimaan/ pengeluaran).

MODEL PELATIHAN

Pelatihan ini bukan sekedar membahas teori, tetapi langsung praktek & didukung dengan perangkat software berbasis LAN. Konsep akuntansi yang dipaparkan dalam pelatihan akan langsung dipraktekkan, sehingga proses jurnal akan dilakukan melalui software. Karena itu, peserta disarankan membawa komputer/notebook. Dalam pelatihan ini telah disiapkan berbagai data real PPK-BLU Puskesmas. Namun, akan lebih baik apabila peserta juga membawa data seperti; 1) Data neraca per 1 Januari 2019 atau 31 Desember 2019, dan 2) Data transaksi akuntansi/keuangan minimal 1 bulan, meliputi al; transaksi penerimaan kas, pengeluaran kas, penjualan kredit (piutang), & transaksi  pembelian kredit (hutang). Mengingat kompleksnya data dan transaksi keuangan di Puskesmas, maka disarankan setiap Puskesmas mengirimkan peserta 2–3 orang.

MATERI PELATIHAN

  1. Penyusunan Laporan Keuangan dengan SAP berbasis akrual di PPK-BLUD PUSKESMAS & review sistem akuntansi
  2. Penjelesan teknis penggunaan A-BLU dalam penyusunan Laporan Keuangan PPK-BLUD PUSKESMAS;
  3. Setting & entry kode akun tiap Puskesmas (peserta), Pendampingan penjurnalan;jurnal transaksi perimaan & pengeluaran kas
  4. Pendampingan penjurnalan; Menjurnal transaksi penjualan kredit(piutang) & transaksi pembelian (hutang), Melakukan Jurnal Penyesuaian
  5. Penyajian laporan keuangan dengan SAP berbasis akuntansi akrual langsung dari soaftware A-BLU (Neraca, LO, LPE, LAK, & LRA)
  6. Action Plan (Penjadwalan Implementasi dan pembimbing), serta Penutup

NARASUMBER. Tim Narasumber dari Multivalue Plus yang dipimpin oleh Tubagus Raymond.

Tubagus Raymond, Sebagai seorang akuntan, beliau telah ± 20 tahun (sejak 1997) berkiprah sebagai konsultan Akuntansi dan Manajemen RS. Hingga saat ini, telah memberikan konsultasi di lebih dari 100 RS, baik pemerintah maupun swasta. Selain menjadi konsultan RS beliau juga pernah menjadi konsultan lembaga internasional seperti; WHO, ADB, EPOS (Konsultan German), dll. Tahun 1998 pernah menjadi instruktur dan pembimbing pelatihan akuntansi RS Swadana se Indonesia. Beliau juga berpengalaman sebagai Auditor RS selama 7 tahun terakhir, baik melakukan special audit maupun general audit (KAP). Aktif sebagai pembicara dalam berbagai seminar dan lokakarya manajemen RS. Pernah mengembangkan manual sistem akuntansi di berbagai RS pemerintah (RSCM, dll) dan RS swasta. Sebagai master konsultan dalam mengaplikasikan A-BLU untuk penyusunan laporan keuangan dengan SAP berbasis akrual di RSD Sleman, RSD Bangkinang,  dan  7 RSD lainnya. A-BLU Consultant Team, Merupakan Tim implementator proses akuntansi berbasis IT. Membantu RS BLU dalam mengimplementasikan software ”A-BLU”/Akuntansi Badan Layanan Umum. Tim ini berpengalaman dalam mengarahkan/memandu RSD Sleman menyusun laporan keuangan untuk tahun 2012, 2013 2014, & 2015, RSD Bangkinang (tahun 2013), dan 7 RSD lainnya.

INFORMASI UMUM

Pelatihan ini dirancang khusus dan diselenggarakan Dengan Sistem Video Conference. Kontribusi peserta dapat dibayar ditempat saat hari workshop atau ditransfer melalui Rekening Bank. Batas waktu pendaftaran, maksimal 2 hari sebelum dilaksanakannya pelatihan untuk setiap angkatan. - Fasilitas yang diperoleh peserta adalah: 1) Modul dalam bentuk File 2) Sertifikat - Pendaftaran dapat dilakukan melalui: Telp/Fax: (0274) 4364093, WA: 081228097091.  E-mail: mvpjogja9@gmail.com

Jadwal Pelatihan A-BLU PUSKESMAS

  1. 18 - 19 Maret 2020
  2. 14 - 15 April 2020
  3. 4 - 5 Mei 2020
  4. 12 -13 Juni 2020
  5. 10 - 11 Juli 2020
 

comments